Shinta Perwitasari dan Alief Arafyanto

Shinta Perwitasari dan Alief Arafyanto
Daisypath Anniversary tickers
Lilypie Pregnancy tickers

Tuesday, March 23, 2010

Pre-wedd Medical Check-up

Okeiii, ketika jadwal kita sedang sedikit longgar, jadilah kita berdua memutuskan ke dokter ahli kandungan untuk konsultasi. Karena alasan lokasi yang strategis dari kantor kami berdua, jadilah kami ke RS Bunda Menteng di suatu sore pulang kantor. Hehe.

Nah, disini kita pilih2 ketemu ama dokter perempuan, kebetulan hari itu ada dr.Riska yang praktek dari jam 4 sore, yak di book dulu lah by phone dan dapet antrian nomer 3. Jam 5 sore sampailah kita berdua di RS Bunda, nunggu beberapa menit dan kemudian dipanggil masuk.

Pertama, kita konsultasi tentang pentingnya vaksin kanker serviks, vaksin tokso, dan vaksin rubella. Kata dr Riska ini, untuk vaksin tokso dan rubella, si Ade harus tes lab dulu untuk liat hasilnya. Kalau memungkinkan baru bisa di vaksin (lupa penjelasannya,hehe). Nah kalo vaksin kanker serviks ini bagus buat yang belum menikah. Sebenernya yang udah nikah juga masih bisa kok vaksin kanker serviks, tapi selama 6 bulan pengobatan itu ga boleh hamil, dan sebelum di vaksin harus pap smear test dulu untuk mastiin gak ada infeksi apa2.

Nah si Ade memutuskan untuk mengambil vaksin kanker serviks (yaah untuk kesehatan jangka panjang lah yaa). Jadi kanker serviks itu terdiri dari 3 kali suntikan. Suntikan pertama ke suntikan kedua berjarak 1 bulan. Sedangkan suntikan ketiga berjarak 5 bulan, jadi total pengobatan ialah selama 6 bulan! Sekali suntikan harganya lumayaaann. Kemaren beli obat cervarix ini dengan haga 770ribu. Yak itu harga obatnya sekali suntik, tinggal dikali 3 aja tuh totalnya, plus biaya dokter dan administrasi RS.hehe. Tapi demi kesehatan, insyaAllah worth it!.:) si Ade udah dapet suntikan pertamanya, suntikan kedua dijadwalin sekitar pertengahan April.

Nah setelah itu, kita berdua juga tanya2 tentang alat kontrasepsi. Jadi bagi pasangan yang mau menunda kehamilan, ada beberapa alternative menurut si bu dokter. Kita sebutin aja yah:

  1. spiral / T
  2. suntik KB
  3. pil KB
  4. kondom

Nah menurut bu dokter Riska, kontrasepsi yang disarankan bagi yang baru menikah adalah nomer 2 hingga 4. Alat kontrasepsi nomer 1 gak disarankan. Dia itu bentuknya T dan ditanam ke rahim. Untuk alat ini disarankan hanya wanita yang sudah pernah ngelahirirn yang sebaiknya pakai. Bagi yang belum pernah hamil kalau pake spiral/T ini takutnya ntar malah keterusan susah punya anak. Begituuu..

Yak sekian pertemuan kami dengan dr Riska. Hehe.

Selang beberapa hari kemudian, kami kembali ke RS Bunda untuk melakukan lab check di Prodia. Di ambil sample urin dan darah, lalu ditunggu hasilnya 2 hari kemudian. Kebetulan hasil itu sudah keluar sekarang, tapi kita masih bingung karena gak bisa baca hasilnya hehe. Rencananya sih pas si Ade balik untuk vaksin yang kedua, mau sekalian tanya2 ke dr Riska. Terutama untuk hasil anti Rubella dan anti Tokso, kira2 mana yang bisa di vaksin, dan gimana hasilnya (ini penting biar ntar kalau pas hamil si janin sehat dan gak cacat). Semoga gak ada yang terlalu serius nantinya… *menunggu April*

5 comments:

andi bacil said...

wew,,,selamat ya..
yg bentar lagi mau merit...
moga2 smuanya lancar...

Lusi said...

mau nanya donk mas/ mbak. tau ga warna cairan obat cervarix itu? krn kmr saya udah suntik vaksin anti kanker serviks itu di malaka. trs ama DR diks bw pulang 2 kotak cervarix n tnyata hrs msk kulkas. saya telat tahunya, ud 1hr kemudian. br tau pas liat di boxnya, klo hrs disimpan di suhu 3-5 derajat
skr saya lihat cairan cervarix itu warnanya keruh/butek, saya takut udh rusak. dasar si DR malak itu, mau untung, ga mikir itu obat bs rusak. pdhal sy udah bilang sy msh lama pulang ke indonya, dia cm bilang itu obat hrs di tempat sejuk, ga boleh panas
thx before ya mas/ mbak..

shinta & alief said...

hai lusi, aku kurang tau warna cairannya seperti apa.. dan mungkin aja klo vaksin nya beda merk beda juga isinya. soalnya aku baru beli vaksinnya setiap jadwal suntik, jadi langsung ambil dr apotek RS, di bawa ke dokter trus langsung di pake deh.. Juga, kyknya vaksin cervarix yang aku pake gak harus disimpen di kulkas deh.. maaf yaa kurang bantu..

Lusi said...

thx 4 reply..
vaksin yg aku punya sama persis dgn foto di blog ini mas.. merk cervarix jg n keluaran GSK
mbak shinta kpn jadwal suntik vaksin lg ya mas?
aku mau minta tolong liat warna cairan vaksinnya pas ud dibeli.. hehehe
itu tulisan hrs disimpan di suhu 2-8 derajatnya ada di bgn samping kotak mas..
btw, sori jd ngerepotin.. hehehe

Lusi said...

upsss. sori... br liat tgl posting ttg ceravix. tnyata th 2010. swt. berarti vaksinnya ud beres donk ya.. so.. daku ga bs tau warna ceravix itu T_T
anyway, thx 4 sharingnya..