Shinta Perwitasari dan Alief Arafyanto

Shinta Perwitasari dan Alief Arafyanto
Daisypath Anniversary tickers
Lilypie Pregnancy tickers

Sunday, January 31, 2010

Catering for our reception

Mencari vendor catering merupakan salah satu dari top 3 item yang penting untuk kita tentukan selain gedung dan perias. Kebetulan karena gedung membatasi vendor catering, jadi kita berdua harus pake rekanan gedung, tapi lumayan banyak kok rekanan yang bagus2 untuk Bidakara :)

Dan pilihan catering pun jatuh ke Alfabet Catering! Kebetulan ibuku emang udah lumayan familiar sama vendor yang satu ini, karena sering di pake di acara2 kantornya.So far sih kita masih susun2 menu dulu. Penawarannya dia bisa di bilang sangat lumayan, karena mau ngasih bonus2 yang menarik :D Kita juga udah sempet di kirimin test food nya sama mbak Ira (marketing Alfabet), dan dateng ke venue untuk liat langsung dekor mereka. So far rapih kok :)


:: Tips --> bagi kalian yang mau pesen catering, semakin banyak jumlah pesanan maka harganya akan semakin murah. Jangan lupa minta bonus2 tambahan, seperti charge catering gedung ditanggung oleh pihak catering, tambahan menu gubukan, kalau nikah di hotel mungkin bisa minta dikasih kamar hotel, dll.

Oia, mungkin banyak yang masih bingung cara nentuin jumlah pesanan catering, yang biasanya terdiri dari menu buffet dan menu gubukan (stall). Aku share sedikit pelajaran yang aku dapet selama persiapan ini yaah, hehe. siapa tau berguna *ting* ;p

Biasanya di awal kita harus tau dulu berapa banyak orang yang mau kita undang, kemudian proporsi buffet:stall yang mau kita sediain. Nah proporsi ini sangat tergantung dari keputusan masing2. Biasanya semakin banyak nyediain porsi buffet yang lebih besar, total cost nya akan smakin lebih rendah.

:: Contoh:
- 500 undangan = 500x2 = 1000 orang
- 60% buffet : 40% stall

untuk buffet: 1000x60% = 600 porsi buffet.
untuk stall: 1000x40% = 400 porsi (tapi jangan lupa biasanya 1 orang kalo ke undangan biasanya habis sekitar 4 macam menu stall) yang berarti, perhitungan untuk stall menjadi: 400 porsi x 4 = 1600 porsi stall. Porsi itu tinggal dibagi aja menjadi beberapa menu, misal: bakso 400 porsi, somay 400 porsi, sate 400 porsi, es krim 400 porsi.

:: Selain itu, ada 5 poin yang harus diperhatikan dalam memesan jumlah menu makanan.
1. siapa yang diundang
Kalau tamu kebanyakan kalangan muda, mereka cenderung makan dalam porsi lebih banyak, dibanding orang tua yang sudah mulai mikirin tentang kesehatan (kolesterol, asam urat, diabetes, dll).
2.tamu jauh atau bukan
Kalau tamu yang diundang banyak yang berasal dari luar kota, maka persentase tamu yang akan datang akan lebih kecil. Namun kalau tamu berasal dari dalam kota, hampir 90% kemungkinan mereka akan datang.
3. pengiriman undangan
Pengiriman undangan melalui sms, milist, dan facebook berkemungkinan membuat jumlah undangan melonjak, karena penyebaran informasi melalui media tersebut lebih mudah, bayangkan saja hanya dengan meng klik forward maka undangan kita bisa menyebar ke milist lain.
4. profesi orang
Kita perlu perhatikan profesi orang yang kita undang, bukan untuk menilai2 orang yah.. tapi ada kemungkinan orang yang bekerja di lapangan memiliki selera makan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang2 yang bekerja di dalam kantor.
5. hari baik atau bukan
Kalau kita merayakan resepsi pada saat tanggal baik misal 10-10-2010, kemungkinan banyak tuh yang sama2 menyelenggarakan pesta pernikahan. Naah dengan adanya banyak pesta yang harus dikunjungi, para undangan mungkin hanya akan makan dalam porsi yang lebih dikit karena membagi alokasi waktu untuk ke pesta lainnya. tapi kalau tanggal nikah kita biasa2 aja, kemungkinan para undangan akan meluangkan waktu lebih banyak di pesta kita saja.

Jangan lupa 5 poin yang disebut diatas, masuk ke dalam pertimbangan pemesanan jumlah catering yaaah.. Semoga info tadi berguna. good luck couples!!!

2 comments:

-mf- said...

sama, pake alfabet juga.
sama sekali ga mengecewakan.

Shinta said...

haiii, acaramu sudah lewat kah?? waa smoga ntar di acaraku dia jg tak mengecewakan.. hehe.