Shinta Perwitasari dan Alief Arafyanto

Shinta Perwitasari dan Alief Arafyanto
Daisypath Anniversary tickers
Lilypie Pregnancy tickers

Friday, February 5, 2010

Pernikahan Adat Jogja

Waktu lagi hunting ke wedding expo kemaren, kita sempet beli majalah Mahligai edisi Yogyakarta. Berhubung si Ade dan si Mas sama-sama berdarah jawa tengah (si ade asli jateng, kalo si mas campuran timur-tengah) maka pernikahan kita pun di minta ibu untuk berbau adat jogja (kata ibu si Ade sih, keluarga masih ada keturunan keraton jogja, katanya yaahh). hehe.

Nah di majalah itu dibahas, prosesi yang biasanya dilewatin dalam pernikahan adat jogja. Mungkin banyak capeng yang masih suka bingung yah sebenernya ada apa aja sih kalau mau nikah tradisional adat jogja, nah kita kasih sedikit contekan nih...

Prosesi Adat Pernikahan Tradisional Yogyakarta:

§ Nontoni, Lamaran, Peningsetan

§ Tarub and Bleketepe

§ Siraman

Yaitu upacara memandikan calon pengantin agar suci lahir dan batin. Upacara ini biasa dilakukan sehari sebelum hari H oleh orang-orang yang dituakan menjadi teladan. Jumlah tidak dibatasi, karena semakin banyak yang memandikan semakin baik, asalkan ganjil. (ribet yah para sesepuh jawa itu, banyak itung2an hehe)

§ Ngerik

Yaitu menghilangkan bulu-bulu halus yang tumbuh disekitar dahi agar tampak bersih dan wajah bercahaya. Diartikan juga sebagai penghilang rasa sial.

§ Midodareni

Busana yang digunakan biasanya kebaya model bersahaja tanpa perhiaan, kain motif truntum, sanggul tekuk, serta rias wajah tipis.

§ Upacara Pernikahan Agama

§ Upacara Panggih

Merupakan upacara pertemuan sepasang suami istri yang telah resmi sebagai sepasang suami istri secar agama untuk bersanding di pelaminan.

o Penyerahan tebusan pisang sanggan

o Kepyok Kembar Mayang

o Melempar gantal (daun sirih diisi bunga pinang dan kapur injet)

o Wijikan dan memecah telur

o Kacar kucur / tampak kaya

o Dhahar Klimah

o Menjemput besan

o Bubak kawah

o Tumplak Punjen

o Sungkeman

Sumber: majalah Mahligai edisi pernikahan jogja.


Fiuuhh, banyak yah?? sejujurnya sih kita gak pake adat selengkap itu sih. cendurung jawa modifikasi (banyak banget modifikasinya malah, haha). Soalnya ribet banget klo masih pake adat baku, lagian kan aku bukan putri keratoonn.. :p intinya kalu bisa gampang kenapa dibikin ribet..?? hoho.

Maaf kalau gak jelasin secara detail tiap prosesinya. Yaah sembari menambah wawasan tradisional ajah. Siapa tau ada yang tertarik pake adat lengkap kayak itu.. :)




No comments: